Home » » SPESIAL: Inilah Susunan Pemain Terbaik ASEAN 2011

SPESIAL: Inilah Susunan Pemain Terbaik ASEAN 2011

AFF Awards 2013 akan segera digelar, 18 penghargaan akan dipersembahkan di acara tersebut. Dan salah satunya adalah susunan pemain terbaik ASEAN (Asia Tenggara).

Pihak AFF telah memilih 11 pemain terbaik ASEAN, di mana performa yang dinilai hanya dilihat pada ajang Piala AFF 2012. Oleh karena itu, tidak mengherankan skuat terbaik Asia Tenggara banyak didominasi oleh dua finalis Piala AFF tahun lalu, yaitu Singapura, yang keluar menjadi juara, dan Thailand, runner-up.

Dan sangat disayangkan tidak ada wakil dari tim nasional Indonesia dalam daftar tersebut. Seperti yang diketahui, saat itu timnas Merah Putih tampil tidak dengan skuat terbaik, dan hasilnya tersingkir di babak grup meski sempat mengalahkan Singapura.


Susunan Pemain Terbaik ASEAN 2012

Kiper - Kawin Thammasatchanan

Thailand


Hanya kecolongan dua gol dari tiga pertandingan membuat kiper Thailand tersebut berada di posisi puncak sebagai kiper terbaik di fase grup. Di semi-final ia kembali tampil menawan menahan gempuran striker Malaysia, namun sayang ia harus kecolongan tiga gol di leg pertama final di kandang Singapura. Kemenangan 1-0 di kandang sendiri membuat Thailand gagal merengkuh juara, tetapi performanya sepanjang turnamen membuatnya layak menggusur kiper andalan Thailand sebelumnya, Sinthaweechai Hathairattanakool.

Bek Kanan - Nguyen Minh Duc

Vietnam


Meski gagal mengantarkan timnya lolos dari babak grup, namun performa sang kapten di sisi kanan pertahanan timnas Vietnam mampu memberikan keseimbangan antara solidnya pertahanan dan juga kecepatan dalam melakukan serangan.

Bek - Baihakki Khaizan

Singapura


Bek yang pernah merumput di Indonesia bersama Persija Jakarta dan Persib Bandung ini tampil solid di Piala AFF 2012. Selain tangguh di lini belakang, ia juga mampu memberi kontribusi lebih melalui sumbangan satu golnya yang krusial di partai final leg pertama menghadapi Thailand.

Bek - Panupong Wongsa

Thailand


Panupong Wongsa menjadi andalan di timnas Thailand karena ketenangannya dalam mengawal lini pertahanan. Pemain berusia 29 tahun tersebut memiliki banyak pengalaman internasional, termasuk ketika membela MuangThong United di Liga Champions Asia.

Bek Kiri - Theerathon Bunmathan

Thailand


Salah satu pemain belakang asal Asia yang memiliki masa depan cerah. Bunmathan memiliki gaya permainan yang modern. Berposisi sebagai bek sayap, dia memiliki kecepatan, skill, kecerdasan dan keberanian. Kemampuannya mengirim bola juga menjadi ancaman tersendiri, yang menjadikan Thailand kembali mendapatkan tempatnya sebagai salah satu Macan Asia di Piala AFF Suzuki 2012.

Sayap Kanan - Kyi LinMyanmar

Jika memainkan strategi serangan balik cepat, Kyi Lin bisa diandalkan di sektor depan. Dia memiliki kecepatan, keuletan bermain dan pantang menyerah. Postur tubuhnya yang kecil tak menghalanginya untuk berduel melawan pemain belakang lawan yang lebih besar.

Gelandang Tengah - Safiq Rahim

Malaysia


Pengatur irama permainan tim nasional Malaysia ini adalah memang terbukti jempolan. Ketenangan dan visinya dalam membaca permainan, membuatnya menjadi salah satu bintang sepakbola di negerinya.

Gelandang Tengah - Mustafic Fahrudin

Singapura


Pemain naturalisasi dari Bosnia ini memang andal dalam mengatur tempo permainan di lini tengah Singapura. Pengalaman dan kualitasnya berperan banyak untuk mengantarkan timnya meraih gelar juara Piala AFF untuk ke-empat kalinya.

Sayap Kiri - Anucha Kitpongsri

Thailand


Kitpongsri adalah pemain andalan Thailand di sisi kiri lapangan. Pergerakannya yang cepat, enerjik dan tidak takut berduel dengan pemain lawan membuatnya sangat berbahaya. Ia juga memiliki kemampuan untuk mencetak gol, terbukti melalui satu golnya yang ia cetak di Piala AFF 2012.

Striker - Shahril Ishak

Singapura


Pengatur tempo dan arah permainan Singapura, kematangannya begitu terlihat di fase grup. Dia juga mencetak dua gol saat Singapura menundukkan Malaysia 3-0 ketika bertemu di fase grup. Shahril juga terpilih menjadi pemain terbaik AFF 2012.

Striker - Teerasil Dangda

Thailand


Striker paling berbahaya di Asia Tenggara. Total mencetak lima gol, di mana tiga di antaranya dicetak dalam satu laga dengan presisi tingkat tinggi dan kualitas nomor satu. Ia juga menjadi top skor




sumber : http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2013/03/27/3856939/spesial-inilah-susunan-pemain-terbaik-asean-2013
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tegar Uye..... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger